cover
Contact Name
Aprilia Triaristina
Contact Email
aprilia@fkip.unila.ac.id
Phone
+6282175980724
Journal Mail Official
pesagi@fkip.unila.ac.id
Editorial Address
Gedung J FKIP Universitas Lampung, Jalan Prof. Soemantri Brodjonegoro No. 1 Gedong Meneng, Rajabasa, Bandar Lampung 35145
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Published by Universitas Lampung
ISSN : -     EISSN : 27458717     DOI : https://doi.org/10.23960/pesagi
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) adalah blind and peer-reviewed journal yang mempublikasikan artikel-artikel ilmiah dari disiplin ilmu Pendidikan Sejarah. Artikel-artikel yang dipublikasikan di PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) meliputi hasil penelitian. PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Lampung. PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) menerima manuskrip atau artikel dalam bidang pendidikan sejarah dan sejarah dari berbagai kalangan akademisi.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 5 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)" : 10 Documents clear
Peran K.H Ahmad Dahlan dalam Pembentukan Sekolah Muhammadiyah di Yogyakarta Tahun 1911-1922 Maya Putri; Wakidi Wakidi; Muhammad Basri
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 5 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Publisher : FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (154.932 KB)

Abstract

The objective of this research was to know the action of K.H Ahmad Dahlan in built Muhammadiyah School at Yogyakarta in Year 1911-1922. The method of this research was historical and data collecting techiques of this reserach were literature and documentation techique. To analyze the data techique. The result of this research were 1. There in action of K.H Ahmad Dahlan in built the institution of Madrasah school. 2. K.H Ahmad Dahlan was changed the purpose of education which in the beginning did not in a written form became a writen form. 3. K.H Ahmad Dahlans curriculum name is ISMUBA that combine with tradisional Islam education and dutch-built gubermant school.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa sajakah peran normatif K.H Ahmad Dahlan dalam pembentukan sekolah Muhammadiyah Tahun 1911-1922. Metode yang digunakan adalah metode historis dengan teknik pengumpulan data adalah teknik kepustakaan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Hasil yang didapat oleh peneliti yaitu 1. K.H Ahmad Dahlan membentuk lembaga sekolah Madrasah. 2. K.H Ahmad Dahlan mengubah tujuan pendidikan yang semula tidak tertulis menjadi tertulis. 3. Kurikulum K.H Ahmad Dahlan bernama ISMUBA memadukan sistem pendidikan tradisional Islam dan sekolah Guberment bentukan Belanda.Kata Kunci: k.h ahmad dahlan, kurikulum, lembaga
Hubungan Minat Membaca Buku Sejarah Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Cici Mei Lani; Ali Imron; Muhammad Basri
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 5 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Publisher : FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (195.165 KB)

Abstract

The purpose of this study was to determine whether there is a positive correlation and to correlation investigate between interest in reading the history books with the results of student learning in the lessons of history. Data collection techniques in this research is quantitative descriptive survey method with Product Moment Correlation formula. The results showed that r = 0.996, which means there is a positive correlation between with result student learning on the subject history and correlation coefficient is very strong.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan yang positif serta keeratan hubugan antara minat membaca buku sejarah dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan metode survei deskritif dengan rumus korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa r = 0,996 yang berarti ada hubungan positif antara minat membaca dengan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Sejarah dengan koefisien korelasi hubungam yang sangat kuat.Kata Kunci: hasil belajar, hubungan, minat membaca
Perkawinan Mabang Handak pada Masyarakat Adat Morge Siwe di Kabupaten Ogan Komering Ilir Indah Sari Putri Pertiwi; Iskandar Syah; M. Basri
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 5 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Publisher : FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (106.473 KB)

Abstract

The purpose of this research is to find out the process of Mabang Handak marriage of Morge Siwe indigenous community in Kayuangung, Ogan Komering Ilir regency. The method used in this research was descriptive method with observation and interviews as the data collection techniques. The data analysis was carried out using qualitative data analysis. The result of the research showed that the marriage of mabang handak is a very complete marriage process, which has been determined by the indigenous stakeholders and the series cannot be changed because the marriage of mabang handak is the fourth level of marriage that has been existed in the indigenous community of Kayuagung.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses perkawinan mabang handak pada masyarakat adat morge siwe di Kayuangung Kabupaten Ogan Komering Ilir. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode penelitian deskriptif dengan teknik pengumpulan data adalah teknik observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Hasil yang didapat oleh peneliti yaitu perkawinan mabang handak merupakan proses perkawinan yang sangat lengkap, yang telah ditentukan oleh pemangku adat dan rangkaian tersebut tidak dapat diubah, karena perkawinan mabang handak merupakan tingkatan perkawinan ke empat yang ada pada masyarakat adat Kayuagung.Kata Kunci : kayuagung, mabang handak, perkawinan
Adat Turun Duwai pada Upacara Begawi di Kampung Komering Putih Lampung Tengah Ulul Azmi Muhammad; Iskandar Syah; Suparman Arif
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 5 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Publisher : FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (235.815 KB)

Abstract

This research aims to find out the process of the turun duwai ritual on Begawi in Lampung Pepadun Society in Komering Putih, Central Lampung. The method used in this research is descriptive, using observation and interview as the data collecting techniques. The data were analyzed using qualitative data analysis technique. The result showed that the process of turun duwai is divided into three steps: the preparation, the implementation and the completion of the ritual turun duwai held by Lampung Pepadun Society in Komering Putih, Central Lampung.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja proses pada pelaksanaan adat turun duwai dalam upacara begawi pada masyarakat Lampung Pepadun di Kampung Komering Putih Kabupaten Lampung Tengah . Metode yang digunakan adalah metode deskripsi dengan teknik pengumpulan data adalah teknik observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Hasil yang didapat oleh peneliti yaitu bahwa proses pelaksanaan adat turun duwai dibagi menjadi tiga tahap yaitu: diawali dengan tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap penyelesaian kegiatan adat turun duwai yang dilaksanakan Masyarakat Lampung Pepadun di Kampung Komering Putih Kabupaten Lampung Tengah.Kata Kunci: adat turun duwai, proses pelaksanaan, upacara begawi
Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match terhadap Motivasi Belajar Sejarah Siswa Siti Hodijah; Syaiful M; Yustina Sri Ekwandari
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 5 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Publisher : FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (468.007 KB)

Abstract

This research was conducted in SMA Negeri 1 Gunungsindur Bogor Regency with the aim to determine effect of Make a Match learning model towards student History learning motivation with samples were X.1 IPS class as experiment class and X.2 IPS class as control class from X IPS class as population. Research methodology used in this research was experiment with the Posttest Only Control Group design. Data was processed using the formula Theta correlation test and Chi Square test. The result showed that there was a positive and significant effect with a Theta correlation was 0.4135 which fall into the category of significant or moderate and significance of the Chi Square value obtained at 14.267.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Gunungsindur Kabupaten Bogor dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Make a Match terhadap motivasi belajar Sejarah siswa dengan sampel yaitu kelas X.1 IPS sebagai kelas ekperimen dan kelas X.2 IPS sebagai kelas kontrol dari kelas X IPS sebagai populasi. Metode yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen dengan desain Posttest Only Control Group. Data diolah menggunakan rumus korelasi Theta dan Kai Kuadrat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan dengan nilai korelasi Theta sebesar 0,4135 yang termasuk ke dalam kategori cukup berarti atau sedang dan nilai signifikansi Kai Kuadrat yang diperoleh sebesar 14,267.Kata kunci: make a match, motivasi belajar, pengaruh
Pemanfaatan Ruang Perpustakaan Dalam Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Pengaruhnya Terhadap Minat Belajar Sejarah Aryan Sugara; Ali Imron; Syaiful Syaiful
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 5 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Publisher : FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (216.855 KB)

Abstract

The purpose of this research was to know how the utilization of library room on Problem Based Learning and its effect in Interest in Learning History class XI IPS in SMA Negeri 1 Sungkai Selatan North Lampung District 2015/2016 Academic Year. This research used experiment method with the type of the One-group pretest-posttest design. Based on quantitative data analysis using the correlation coefficient theta with the value of 0.608 could be concluded that there was effect of the utilization of library room on Problem Based Learning towards the Interest in Learning History.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan ruang perpustakaan dalam pembelajaran berbasis masalah dan pengaruhnya terhadap minat belajar pada pelajaran sejarah siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Sungkai Selatan Kabupaten Lampung Utara tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan metode Eksperimen dengan tipe One-group Pretest-Posttest Design. Berdasarkan analisis data secara kuantitatif dengan menggunakan perhitungan koefesien korelasi theta dengan nilai 0,608 dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh ruang perpustakaan dalam pembelajaran berbasis masalah terhadap minat belajar sejarah.Kata kunci: minat belajar, pembelajaran berbasis masalah, ruang perpustakaan
Pengaruh Pemberian Penguatan Terhadap Motivasi Belajar Siswa Suhanda Suhanda; Ali Imron; Syaiful M
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 5 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Publisher : FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (164.191 KB)

Abstract

The purpose of this study is to determine "whether there is a significant influence of positive verbal reinforcement in the learning process towards students' learning motivation on Social Science subject grade VIII Junior High School 2 Anak Tuha Central Lampung academic year of 2015/2016". This research used quantitative data collection method with normality test and data analysis test using theta test and kai square test. Based on the results of the calculations, the theta test equal to 0.40625 which means it is quite influential while the kai square test was 11.85 which means there is a significant influence.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan pemberian penguatan verbal positif dalam proses pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Negeri 2 Anak Tuha Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data kuantitatif dengan dilakukan uji normalitas dan uji analisis data menggunakan uji theta dan uji kai kuadrat. Berdasarkan hasil hitung menggunakan uji theta sebesar 0,40625 yang berarti cukup berpengaruh dan uji kai kuadrat sebesar 11,85 yang berarti adanya pengaruh yang signifikan.Kata kunci: motivasi belajar, pemberian penguatan, pengaruh
Kayu Ara Pada Acara Begawi Adat Lampung Pepadun Buay Nyerupa Lampung Tengah Farisa Syarifah; Iskandar Syah; Suparman Arif
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 5 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Publisher : FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (238.387 KB)

Abstract

This research aims to elaborate the symbolic meaning of Kayu Ara in Begawi for Lampung Pepadun society of Marga Buay Nyerupa Central Lampung. The method used in this research was Hermeneutic by qualitative approach. The data collecting techniques used in this research were observation, interview, informant, documentation and literature. The results obtained by the researcher that the purpose of Kayu Ara was to preserve the Lampung cultural heritage so that it would not be vanished from the instruments of Cakak Pepadun ritual. The symbolic meaning of Kayu Ara symbolized the door of life.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Makna simbolis Kayu Ara pada acara begawi masyarakat adat Lampung Pepadun Marga Buay Nyerupa Kabupaten Lampung Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Hermeneutika dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, informan, dokumentasi, dan kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Hasil yang didapat oleh peneliti yaitu tujuan dilaksanakan Kayu Ara untuk melestarikan budaya Lampung supaya tidak hilang dari peralatan adat dalam upacara adat cakak pepadun. Makna Simbolis Kayu Ara melambangkan pintu kehidupan. Kata Kunci : begawi, kayu ara, pepadun
EFEKTIVITAS PENERAPAN REMEDIAL TEACHING DALAM MENCAPAI KETUNTASAN HASIL BELAJAR SEJARAH Taufiq Indra Setiawan; Tontowi Tontowi; Yustina Sri Ekwandari
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 5 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Publisher : FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (513.952 KB)

Abstract

The purpose of this study is to determine the effectiveness of learning outcomes of the implementation of Remedial Teaching on the Subject of History Class X IIS in SMA Persada Bandar Lampung in 2016/2017 with samples X IIS I class as the experiment class and X IIS II class as the control class from X IIS class as population. Techniques of collecting data were in the form of observation, documentation, literature, tests and questionnaires. Based on the experimental class the research results is with an average value of 77.36. In the control class with an average value of 53.53. Based on the results of the questionnaire score with an average of 80.71%, it can be concluded the application of Remedial Teaching is effective in achieving mastery of historical learning outcomes.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas hasil belajar penerapan Remedial Teaching pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X IIS di SMA Persada Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017 dengan sampel kelas X IIS I sebagai kelas eksperimen dan kelas X IIS II sebagai kelas kontrol dari kelas X IIS sebagai populasi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi, kepustakaan, tes dan kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 77,36. Pada kelas kontrol dengan nilai rata-rata 53,53. Berdasarkan hasil dari skor kuesioner dengan rata-rata 80,71%, dapat disimpulkan penerapan Remedial Teaching efektif dalam mencapai ketuntasan hasil belajar sejarah.Kata kunci: efektifitas, hasil belajar, remedial teaching, siswa
Pengaruh Metode Diskusi Kelompok Terhadap Motivasi Belajar Sejarah Siswa Wahyu Nur Hidayat; Muhammad Basri; Suparman Arif
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 5 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Publisher : FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (351.543 KB)

Abstract

The purpose of this study is to find out the influence of group discussion towards students learning motivation in History subject. The population of this study was 131 students with 88 students were taken as the sample. This study used quantitative data analysis with tetha correlation test. Based on the result of the analysis using theta correlation test, the value was 0.71; and after being correlated with the coefficient table, it was categorized as significant. Thus, the influence of group discussion towards students' learning motivation in History subject was significant.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa kuat pengaruh metode diskusi kelompok terhadap motivasi belajar sejarah siswa. Populasi dalam penelitian ini yaitu sebanyak 131 dan diambil sampel sebanyak 88 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kuantitatif dengan menggunakan uji korelasi Theta. Berdasarkan hasil hitung menggunakan uji korelasi theta didapat nilai sebesar 0,71 dan setelah dikaitkan dengan tabel koefisien korelasi, dapat di kategorikan tinggi atau kuat, jadi pengaruh metode diskusi kelompok terhadap motivasi belajar sejarah siswa adalah tinggi atau kuat.Kata Kunci: metode diskusi kelompok, motivasi belajar, pengaruh

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2017 2017


Filter By Issues
All Issue Vol 8, No 1 (2020): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 9, No 2 (2021): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 9, No 1 (2021): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 8, No 2 (2020): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 7, No 7 (2019): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 7, No 6 (2019): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 7, No 5 (2019): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 7, No 4 (2019): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 7, No 3 (2019): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 7, No 2 (2019): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 7, No 1 (2019): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 6, No 5 (2018): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 6, No 4 (2018): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 6, No 3 (2018): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 6, No 2 (2018): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 6, No 1 (2018): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 9 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 8 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 7 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 6 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 5 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 4 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 3 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 2 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 1 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 4, No 3 (2016): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 4, No 2 (2016): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 4, No 1 (2016): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 3, No 6 (2015): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 3, No 5 (2015): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 3, No 4 (2015): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 3, No 3 (2015): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 3, No 2 (2015): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 3, No 1 (2015): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 2, No 6 (2014): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 2, No 5 (2014): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 2, No 4 (2014): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 2, No 3 (2014): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 2, No 2 (2014): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 2, No 1 (2014): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 1, No 6 (2013): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 1, No 5 (2013): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 1, No 4 (2013): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 1, No 3 (2013): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 1, No 2 (2013): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 1, No 1 (2013): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) More Issue